Wednesday 1 April 2015

"Pempek Adaan" khas Palembang


Mari sarapan....ini sarapannya orang Palembang, apalagi kalau bukan pempek hihihi... ^_^ Yang paling banyak dikenal orang yaitu pempek kapal selam, pempek lenjer, dan pempek telur, padahal ada banyak macam pempek yang bisa jadi pilihan antara lain pempek lenjer, pempek kapal selam, pempek telur, pempek pistel, pempek tahu, pempek adaan, pempek panggang, pempek kulit, pempek lenggang, pempek keriting, pempek dos. Tuh kan banyak macamnya hihihi....

Saya dari dulu nggak pernah bikin pempek karena di Palembang banyak yang jual, di setiap sudut kota pun ada, tinggal pilih mau yang mana hehehe.... Saat merantau ke batam, saya jadi bingung sendiri saat diminta bikin pempek oleh teman-teman dari daerah lain. Mereka pikir setiap orang Palembang pasti bisa bikin pempek, lah wong saya biasa beli hihihi.... Itulah awal yang memacu saya untuk bisa bikin pempek sendiri. Apalagi disini saya belum menemukan penjual pempek yang pas di lidah.

Di antara banyak macam pempek, saya paling suka pempek adaan. Hmmm....kalau belum kenyang, nggak mau berhenti makannya hehehe... ^_^ Pempek adaan yang paling sering saya bikin kalau lagi pengen makan pempek, karena cara membuatnya yang mudah dan cepat, adonannya langsung digoreng tanpa harus melewati proses perebusan lagi.

Sebelumnya saya belum pernah posting pempek karena jaraaang banget bikin. Kalau pun bikin, sudah kecapean aja mau foto hasilnya jadi langsung dimakan aja. Kali ini saya mau posting resep pempek adaan yang biasa saya pakai.


"PEMPEK ADAAN"
Oleh : Nova Rilandari

Bahan :
500gr ikan giling ( tenggiri/gabus/kakap )
350 ml santan dingin ( masukkan ke dalam lemari es sebelum digunakan )
250 gr tepung sagu
1 butir telur ayam
50 gr bawang merah, iris halus
1,5 sdm garam halus
1/2 sdt merica bubuk
2 sdm bawang goreng
Minyak goreng secukupnya

Cara membuat :
◆ Campurkan ikan giling dan santan dingin. Aduk hingga tercampur rata menggunakan tangan.
◆ Masukkan telur, garam, dan merica. Aduk rata.
◆ Tambahkan sagu, bawang merah iris, dan bawang goreng. Aduk kembali hingga tercampur rata.
◆ Bentuk adonan menjadi bulatan. Saya menggunakan scoop ice cream untuk membentuk bulatannya. Atau bisa juga dengan tekhnik membuat bakso yaitu ambil adonan menggunakan tangan lalu remas hingga adonan keluar diantara ibu jari dan telunjuk membentuk bulatan lalu ambil menggunakan sendok.
◆ Goreng dalam minyak panas dan banyak dengan api sedang hingga kuning kecoklatan.
◆ Angkat dan tiriskan. Sajikan dengan kuah cuko.

Tidak afdol kalau makan pempek tanpa soulmatenya si kuah cuko hehehe.... Untuk membuat cuko gunakan gula aren/gula batok agar cuko yang dihasilkan lebih pekat.

"CUKO PEMPEK"
Oleh : Nova Rilandari

Bahan :
750 gr gula aren/gula batok
2 liter air
3,5 sdm garam halus
5 biji asam kandis

Bumbu halus :
15 butir bawang putih
100 gr cabe rawit ( sesuai selera pedas masing-masing )

Cara membuat :
◆ Campurkan semua bahan dan bumbu halus. Masak di atas api sedang sambil diaduk sesekali hingga mengental.
◆ Angkat dan dinginkan, lalu saring.


Done!! Sepiring pempek adaan plus cuko siap disajikan. Hayook dicobain ^_^

"Happy Cooking" ^^

No comments:

Post a Comment